Diposting Pada: Senin, 27 September 2021
Duo Kakankemenag Kukuhkan Pengurus APRI


Duo Kakankemenag Kukuhkan Pengurus APRIKerinci (Kemenag)- Bertempat di ruang aula pada Senin, 27/9/2021 Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kerinci menghadiri acara Pengkuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia ( APRI ) Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh masa bakti 2021-2025.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua PW beserta Sekretaris APRI Prov. Jambi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sungai Penuh, Kepala Subbag TU KanKemenag Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Kasi Bimas Islam KanKemenag Kab. Kerinci, serta seluruh pengurus APRI Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Dalam Laporannya, Kasi Bimas Islam KanKemenag Kab. Kerinci, Firdaus, S.Ag selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa sebanyak 24 penghulu dari Kantor Kementerian Agama Kab. Kerinci dan 8 Penghulu dari Kota Sungai Penuh yang akan di Kukuhkan pada hari ini dan akan di kukuhkan langsung oleh masing-masing Kepala Kantor.

"Kami laporkan Kepada Ketua PW Prov. Jambi bahwa kegiatan ini berlangsung bekerja sama antara pengurus APRI Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Ujar Kasi Bimas Islam"

Kemudian, dalam Sambutan dan arahannya, Ketua PW. APRI Prov. Jambi, Drs. H. Rusli Adam, M.HI menyampaikan bahwa APRI sendiri terbentuk pada tanggal 17 Juli 2019 yang lalu. Dibentuknya APRI sendiri bertujuan untuk menjawab keresahan masyarakat tentang gratifikasi penghulu. Lebih lanjut beliau juga menjelaskan bahwasanya Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) sudah di akui sesuai dengan PP 11 tahun 2017 tentang manajeman ASN.

Kemudian, H. Rusli Adam juga menyampaikan tentang dibentuknya APRI ini bertujuan sebagai wadah edukasi, advokasi, serta tempat kajian-kajian keilmuan lainnya.

"Saya sebagai Ketua PW Prov. Jambi mengajak kepada seluruh penghulu yang dikukuhkan pada hari ini, agar bentul-betul menjalankan tugas secara profesional, melayani dengan hati, serta menjadikan KUA Kecamatan sebagai cermin pertama pelayanan di Kementerian Agama, pungkas beliau".

Dalam waktu yang berbeda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kerinci, H. Pahrizal, dalam arahannya juga menyampaikan beberapa hal penting, diantaranya tentang profesionalitas dalam bekerja dan program revitalisasi KUA kecamatan.

"Saya sampaikan kepada seluruh penghulu yang hadir pada hari ini, dalam tugas yang di embankan kepada kita, hendaknya dijalankan dengan sungguh-sungguh,sesuai dengan tupoksi yang telah ada. Baik itu dikantor maupun pada saat menghadiri akad nikah.

Beliau juga mengingatkan kepada penghulu agar disetiap menjalankan tugas untuk lebih memperhatikan profesionalitas terutama penampilan dalam berpakain.

"Pada saat menjalankan tugas sebagai penghulu pada acara akad nikah, saya minta kepada seluruh penghulu, gunakanlah Baju Jas yang pantas untuk menjukan jati diri kita sebagai orang yang di hormati ditengah-tengah masyarakat, ujar beliau".

Selanjutnya H. Pahrizal juga menyampaikan kepada peserta pengukuhan, agar dalam menjalankan tugas kepenghuluannya untuk tidak membedakan mana yang melaksanakan akad nikah secara PNBP maupun yang tidak.

Terakhir dalam arahannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kerinci mengucapan selamat kepada pengurus APRI Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang telah dikukuhkan untuk masa bakti 2021-2025.

"Saya ucapkan selamat kepada pengurus APRI Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang telah di kukuhkan pada hari ini, semoga bisa mengemban amanah untuk 4 tahun kedepan, akhiri beliau".

Untuk diketahui, acara ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19. (Anisa/TimHumasKemenagKrc)

 


383x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 54.91.62.236
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved