Diposting Pada: Kamis, 24 September 2020
Kemenag Kerinci Gelar Workshop SKKNI


Kemenag Kerinci Gelar Workshop SKKNIKerinci (Kemenag) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf menggelar Workshop Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi Nazhir Wakaf, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci, Kamis (24/9/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan program kerja dan kegiatan Penyelenggara Zakat dan Wakaf dan Sesuai Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci Nomor 1095 Tahun 2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang penunjukan Panitia Pelaksana, Narasumber, Moderator, dan Peserta Workshop SKKNI bagi Nazhir Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci Tahun Anggaran 2020.

Katua Panitia Pelaksana, Nelpiandi, S.Hi dalam laporannya menyampaikan kegiatan bertujuan memberikan pemahaman terbaru, meningkatkan pengetahuan tentang SKKNI, dan mendapatkan informasi perkembangan dan proses sertifikasi tanah wakaf di masyarakat.

"Ada 3 tujuan utama, yaitu untuk memberikan pemahaman tentang regulasi wakaf di Indonesia, meningkatkan ilmu dan pemahaman tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi Nazhir Wakaf, dan memperoleh informasi tentang perkembangan dan proses sertifikasi tanah wakaf di masyarakat," jelas Nelpiandi.

Ditambahkan Nelpiandi, peserta Workshop berjumlah 15 orang terdiri dari Kepala KUA Kecamatan di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci.

"Adapun peserta ialah Pembina Nazhir Wakaf di Kecamatan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci, H. Hardiman, S.Ag., M.M dalam sambutannya ketika membuka kegiatan mengatakan Workshop SKKNI penting dilaksanakan dan diikuti, mengingat potensi wakaf di Indonesia sangat besar sehingga penting untuk dioptimalkan.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama berkepentingan untuk mengawal pelaksanaan regulasi dan mendorong peningkatan pengelolaan wakaf sebagai aset sosial dan aset ekonomi umat," kata H. Hardiman.

Lebih lanjut, Ka.Kan Kemenag juga menyampaikan selain wakaf, potensi zakat di Indonesia juga sangat signifikan, mencapai 233 Triliun dari total keseluruhan jenis zakat.

"Potensi Zakat dan Wakaf di Indonesia sangat besar, diperkirakan mencapai 450 Triliun. 233 Triliun potensi Zakat dan 217 Triliun potensi Wakaf," pungkasnya.

Turut hadir pada acara pembukaan, Kasubbag TU, Kepala Seksi, Penyelenggara, dan Pelaksana di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci.

Untuk diketahui, Workshop Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi Nazhir Wakaf di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci dilaksanakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak. (ian)

 


142x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 100.24.125.162
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved