Diposting Pada: Selasa, 09 Juni 2020
Peserta Didik MTsN 5 Kerinci PJJ Menggunakan Rumah Belajar


Peserta Didik MTsN 5 Kerinci PJJ Menggunakan Rumah BelajarMts N 5 Kerinci- Musim pandemi Covid-19 membuat pemerintah menetapkan kebijakan semua siswa untuk belajar dari rumah. Mau tidak mau, guru yang biasanya mengajar dengan tatap muka pun melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ), yakni pembelajaran online.

Nesya Pusvita, Guru MTK MTs N 5 Kerinci, misalnya, ia biasa mengajar di grup Whatsapp. Selain itu, Nesya juga sesekali menggunakan webex meeting, salah satu aplikasi video conference yang bisa dipasang di smartphone.

Nesya menuturkan ia juga menggunakan fitur Rumah Belajar, salah satu produk Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"PJJ memaksa guru untuk melek TIK. Kebetulan saya dan tiga teman guru muda lainnya sedang ikut diklat Online mengenai Pembelajaran TIK di Kemendikbud sehingga tentu saja, saya mengajak siswa belajar dari fitur Rumah Belajar. Fitur ini bisa diunduh di playstore/appstore. Siswa pun senang dikenalkan dengan fitur ini,"kata Nesya.

Fitur Rumah Belajar memiliki 4 fitur utama, yakni sumber belajar, kelas digital, bank soal, dan laboratorium maya. Juga memiliki 5 fitur pendukung, antara lain peta budaya, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Karya Bahasa dan Sastra, wahana jelajah angkasa, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Nesya lebih sering mengarahkan siswa ke fitur Sumber Belajar. Di sana siswa bisa belajar dengan mandiri karena berisi konten pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif (teks, gambar, audio, hingga video animasi). Fitur Rumah Belajar ini tentunya bisa diakses oleh guru maupun siswa mulai dari jenjang PAUD hingga SMA.

Imelia Rahma, siswa kelas VIIIA mengaku senang sekali berselancar di Fitur Rumah Belajar. Di sana, ia juga bisa membaca buku favorit sepuasnya untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan jenuh. Imel berharap semua siswa di Indonesia kelak bisa memanfaatkan.

(Rini).

 


96x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.226.97.214
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved