Kakankemenag Berperan Aktif dalam Pertemuan Pembahasan Penghentian Kegiatan MTA di Kabupaten Kerinci

rakor-bahas-mta

Kerinci (Kemenag) — Pemerintah Kabupaten Kerinci, tetap melarang Majelis Tafsir Alquran (MTA) untuk melakukan segala bentuk aktivitasnya. Berkat kerjasama semua pihak dan telah menempuh proses pembahasan panjang demi terwujudnya kenyamanan dan kemurnian ajaran Islam di Kabupeten Kerinci, puncaknya ialah diterbitkannnya Surat Keputusan Bupati Kerinci tentang penghentian kegiatan MTA di Kabupaten Kerinci.

Berdasarkan pertemuan yang dilaksanakan pada hari ini Jum’at (28/06) bertempat diruang utama Bupati Kerinci yang dihadiri oleh berbagai unsur dengan menghadirkan aparat Desa Kebun Baru Kecamatan Kayu Aro. Dapat diambil kesepakatan bulat bahwa SK Bupati Kerinci Nomor 730/Kep.332/2013 tentang Penghentian Kegiatan MTA tidak akan dicabut, berdasarkan kesepakatan tim yang telah dibentuk akan turun langsung untuk mengkondisikan keadaan dilapangan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kerinci Drs. Suardin dalam pertemuan itu mengatakan “Selain menindaklanjuti SK Penghentian dari Bupati Kerinci, mari kita ajak unsur lembaga adat yang ada disana. Seperti kita ketahui bahwa perkumpulan maupun organisasi mereka tersebut belum tercatat dan terdaftar di Kankemenag Kerinci maupun di Pemda Kerinci sebagai organisasi yang sah dan diakui keberadaannya sebagai sebuah organisasi resmi di Kabupaten Kerinci. Kami yakin hukum adat masih berlaku disana dan tetap dijunjung tinggi. Jika memang tidak bisa diterima secara adat dan ditambah dengan SK Bupati Kerinci tentang penghentian segala bentuk kegiatan MTA maka besar kemungkinan MTA akan lenyap dan tidak akan bisa berkembang lagi di Kabupaten Kerinci,” jelasnya.

Lebih lanjut Drs. Suardin menyampaikan bahwa kedepannya para Da’i yang biayai oleh Pemda Kerinci sebaiknya lebih diupayakan untuk ditempatkan dimasing-masing Desa yang rawan akan pengaruh berbagai macam pemahaman dan aliran menyimpang.

Diakhir pertemuan Kepala Kejaksaan Negeri Sungai Penuh melalui Kasi Intel, Anton Rahmanto mengingatkan kepada Kepala Desa Kebun Baru untuk meredam emosi warga agar jangan sampai terpancing untuk melakukan tindakan anarkis, sehingga niat baik kita menyelesaikan permasalahan ini bisa ditempuh sesuai dengan jalur hukum dan ketentuan yang berlaku. (Awr)

You can leave a response, or trackback from your own site.

18 Responses to “Kakankemenag Berperan Aktif dalam Pertemuan Pembahasan Penghentian Kegiatan MTA di Kabupaten Kerinci”

  1. agus says:

    assalamu ‘alaikum wr. wb.

    semoga hidayah Allah dilimpahkan kepada semuanya. dakwah islam bagi mta tak akan surut. wong aliran kepercayaan saja boleh kok. insyaallah allah akan selalu meridhoi dakwah islam dari mta.

    semangat pantang menyerah.

    • Anwar, S.PdI says:

      Wa’alaikum salam Warahmatullahi Wabarakatuh….
      Perkembangannya di Kerinci berbeda dengan yang di Solo, untuk saat ini masyarakat Kerinci belum siap menerima aliran seperti MTA. Masyarakat Kami tergolong Agamis dan terlalu berhati-hati dan sangat menjaga kemurnian Islam, MTA dinilai terlalu ekstrim. Apalagi ditempat berkembangnya tersebut (Kayu Aro) umumnya masarakatnya belum terlalu dalam memahami ajaran Islam.

  2. aan says:

    Bapak Bupati,Ka.Kemenag, saya mau tanya ,. apakah Kerinci itu negara diluar NKRI ,. sehingga bisa menetapkan hukum yang bertentangan dengan hukum di NKRI ?,. Presiden , Menteri agama , ketua MUI Pusat , MUI Jateng , MUI solo ,Panglima TNI , Kapolri ,Kapolda Jateng . semua hadir dalam peresmian gedung MTA , bahkan Presiden sendiri yang meresmikan gedung itu,.. Lha ini ada bupati koq malah menghentikan kegiatan MTA ,. saya yaqin banyak pejabat di Kerinci yang tidak paham apa itu MTA ,. coba buka Al Qur’an surat 49 ayat 6 .

  3. aan says:

    Mas Anwar ,. saya nanya lagi nich ,. apakah di kerinci ,. kalau ada saudara muslim yang meninggal ,. ada acara selamatan 7 hari , 40 hari , 100 hari dan 1000 hari ,. kalau ada ,. setahu saya islam tidak mengajarkan yang demikian ,. acara itu hanya ada dalam AGAMA HINDU ,. JADI bagaimana bisa dikatakan MENJAGA KEMURNIAN ISLAM kalau ajaran HINDU yang diamalkan.

    • Anwar, S.PdI says:

      Seperti yg dibilang sebelumnya, perkembangan MTA di Kerinci berbeda dgn yg ditempat lain, kami tidak mempermasalahkan tentang “selamatan 7 hari , 40 hari , 100 hari dan 1000 hari”, berawal dari keresahan masyarakat yg mengadukan tntang ajaran menyimpang oleh pengikut MTA “Anjing Halal, dan peringatan Maulid Nabi Haram”, mengantisipasi hal ini dan menghindari tindakan anarkis warga maka setelah melalui proses panjang yang melibatkan hampir semua unsur dan bermuara pada penerbitan SK Bupati tentang penghentian kegiatan MTA tersebut. Semua masayarakat Kerinci juga diharapkan berperan aktif dlm hal ini. Harap dimaklumi…!

  4. Widodo HS says:

    “Anjing Halal, dan peringatan Maulid Nabi Haram” adalah fitnah lama terhadap MTA. Kemungkinan masyarakat di Kerinci telah terprovokasi dengan rekaman pengajian Kyai Marzuki Mustamar dari Malang. Rekaman pengajian tersebut banyak beredar di Internet dan isinya banyak menyudutkan MTA dan organisasi / ustadz lainnya, termasuk menyebutkan bahwa bagi MTA, anjing statusnya halal.

    Pimpinan pusat MTA telah secara khusus menanggapi fitnah dari KH. Marzuki Mustamar ini dan telah ditayangkan di beberapa televisi nasional. Rekaman klarifikasi pimpinan pusat MTA bisa disaksikan di link ini:

    http://www.youtube.com/watch?v=Aw0eC_ZvDAM

    Bahkan MTA juga telah melakukan tindakan hukum terhadap KH. Marzuki Mustamar terkait dengan fitnah tersebut, sebab rekaman pengajian tersebut berdampak cukup luas terhadap MTA dengan terjadinya pembubaran pengajian di Blora, demo terhadap radio MTA di Madiun, demo terhadap pengajian MTA di Gunung Kidul dan Purworejo, dan berbagai aksi di daerah lain, termasuk di Kerinci ini. Saat ini proses hukum masih berjalan, dan alhamdulillah berbagai macam reaksi masyarakat tersebut bisa reda dengan sendirinya setelah masyarakat mampu memahami perbedaan.

    Semoga masyarakat di Kerinci juga bisa memahami perbedaan pendapat, dan bisa saling menghormati perbedaan tersebut. Aparat hukum dan pemerintahan di Kerinci seharusnya bisa lebih bijaksana dalam menyikapi perbedaan pendapat ini, dan bisa membedakan mana fakta dan mana fitnah.

    • Anwar, S.PdI says:

      Terima kasih, kita lihat saja proses kedepannya semoga menjadi lebih baik demi kemashlahatan umat Islam.

      • joko s says:

        Coba ingat QS. An Nisaa’ ayat 61 :
        “apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu Lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu”

        dan juga QS. Al Buruuj 10 :
        “Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan[1568] kepada orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan kemudian mereka tidak bertaubat, Maka bagi mereka azab Jahannam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar”

        [1568] Yang dimaksud dengan mendatangkan cobaan ialah, seperti menyiksa, mendatangkan bencana, membunuh dan sebagainya.

  5. Abdul Wahid says:

    apakah anda-anda ini menentang dan menilai salah tindakan presiden Republik Indonesia yang telah meresmikan Gedung Majlis Tafsir Al-qur’an (MTA)?
    http://www.presidenri.go.id/index.php/fokus/2009/03/08/4071.html

    http://news.detik.com/read/2009/03/08/164510/1096361/10/ajak-jihad-lawan-korupsi-sby-tak-akan-lindungi-koruptor

    dan apakah akan juga akan menyalahkan pimpinan anda yang meresmikan Asrama Putra SMP MTA Gemolong?
    http://www.suaramerdeka.com/v2/index.php/read/cetak/2011/12/04/168686/MTA-Cetak-Generasi-Berkarakter

    http://mtafm.com/v1/archives/3611

    apakah ajaran Islam itu harus mengikut dengan aturan manusia?
    apakah Dakwah yang telah diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW ini akan luntur dan musnah hanya dengan aturan seorang manusia yang diciptakan dari cairan Hina (MANI)?

    Majlis Ulama Indonesia (MUI) Pusat selalu mendampingi keberadaan MTA dimana pun berada. Tetapi mengapa kok MUI yang hanya berada ditingkat Kabupaten saja sombongnya minta ampun kayak gitu? tanpa tabayun langsung memutuskan bahwa pengajian MTA ini meresahkan warga? padahal tabayun itu adalah budaya orang Islam! apakah Anda ini bukan orang Islam?

    http://www.mta.or.id/2009/03/18/sekum-mui-resmikan-mta-perwakilan-pekan-baru

    http://mta-purworejo.com
    http://coba-semuanya.blogspot.com/2012/02/ketua-dpr-ri-dr-marzuki-alie-kunjungi.html

  6. Abdul Wahid says:

    ini kunjungan ketua umum MTA kepada Menteri Agama Republik Indonesia
    http://103.7.12.70/index.php?a=foto&id=29255

  7. Ozzy says:

    Kami sangat mendukung program pemberantasan aliran sesat MTA. Beberapa daerah lain di Jawa Timur dengan tegas menolak keberadan aliran MTA. Bahkan di Solo sendiri, yg masyarakat asli Solo, sudah banyak yg tobat dan keluar dari MTA. Tinggal daerah2 di luar Solo yg masih banyak pengikut MTA. Semoga Allah SWT terus membantu perjuangan para kemenag khususnya kabupaten Kerinci dalam menumpas aqidah2 di luar ahlussunnah wal jama’ah.

    TERUS LANJUTKAN DAN MAJU TERUS PANTANG MUNDUR MEMBERANTAS ALIRAN SESAT MTA.

    • crash says:

      @Ozzy jangan ngaku2 wong solo dech? alamatmu dmn?
      ozzy bohong nih. buktinya tdk ada keresahan masyarakat muslim dgn adanya mta di solo. ayo ke kantorku saja di kal.banyuanyar kec.banjarsari kodya.surakarta kita bisa diskusikan komentar2mu di atas. jgn lupa bawa ktp ya..

      jgn2 yg resah itu adl masy yg tdk setuju kandungan alqur’an dan hadits nabi diamalkan alias org2 yg ngaku2 muslim kaleee…

  8. Dukung Kemenag memberantas aliran baru semacam MTA yang membuat resah masyarakat.

    • crash says:

      dukung dakwah mta. memurnikan aqidah islam dari amalan2 syirik, tahayul, bid’ah dan khurafat meskipun masyarakat resah.

      dukung dakwah mta. menjalankan amar ma’ruf nahi munkar (mabuk2an, judi, korupsi, maling, pelacuran dll)meskipun masyarakat resah.

      masyarakat resah? masyarakat di madinatul iman (kota beriman) atau madinatul nifaq ( ngaku2 beriman )?

    • crash says:

      wah..komentarmu mengerikan. mencerminkan bukan bagian dari masyarakat madinatuliman (Kota Beriman).

      membuat keresahan masyarakat muslim?? kenapa??
      mta mengkaji tafsir al-Qur’an dan mengamalkan hasil kajiannya.
      mta menyuruh kebaikan dan melarang maksiyat berlandaskan alqur’an dan hadits nabi. Dengan begitu membuat keresahan masyarakat yg mengaku muslim (berserah diri pada ketentuan allah dan rasulullah)

      komentarmu jangan2 tidak mewakili madinatulimandotcom atau bukan bagian dari madinatul iman (Kota Beriman)tapi lebih dekat pada madinatu nifaq (ngaku2 aja sbg kota briman)

      mbok kamu ke mta solo utk bertabayun. kasihan lho kalo kamu menjadi bagian dr kefasikan krn ikut menyebarkan berita bohong.

  9. Walikota SurabayaTri Risma Harini, mendatangi undangan MTA Perwakilan Surabaya ketika mengadakan buka puasa bersama panti asuhan / anak yatim, undangan setengah lima sore, namun Bu Walikota datang jam empat sore karena jam lima harus menghadiri acara yg sama dengan BONEK…….setelah sambutan langsung pamit, namun tidak lama kemudian utusan Bu Walikota mendatangi Ketua MTA Surabaya kata sang utusan “ma`af Bu Walikota tdk bisa ikut buka bersama dan beliau faham kalau MTA tidak pernah mau menerima bantuan, namun tolong ini diterima“ , utusan itu menghiba /agak memaksa agar Ketua MTA menerima amplop dari Bu Rismi“takut di pecat kaliii……singkat cerita amplop diterima dan langsung diserahkan kpd panitiya buka bersama…….tidak lama Pak Camat juga mendatangi Pak Ketua, “dari saya juga harus di terima lho pak“………ketika mas panitiya buber membuka amplop ada lembaran 100 buah recehan seratus ribuan……….sepuluh juta rupiyah…Komentar orang di luar sana “ MTA kok bisa ya mendatangkan Walikota, bayar berapa MTA kpd Walikota……..hehehehe ( kisah nyata bossss )….

    • crash says:

      @ki sambang dalan
      gedung mta diresmikan presiden sby. ada orang yang komentar “wah..wah.ketua panitia peresmian gedung mta berani mendatangkan presiden. trus presiden disangoni berapa ya buat pulang ke jakarta?” he..he…(bukan kisah nyata bossss )….

      intine adalah:
      1.katanya…katanya..apapun kata orang perlu ditabayunkan.
      2.saya tdk percaya cerita tsb. he..he..deket pd bohong.

  10. sutono says:

    putusan sudah di ketok palu di PTUN hari ini, semakin jelas pertolongan ALLAH pada orang2 yang menjalankan akidah yang benar.

Leave a Reply


7 − = 1

Powered by WordPress | Designed by: Premium WordPress Themes. | Find the best Premium WordPress Themes, Checking and Free WordPress 4 Themes
Kementerian Agama Professional...! - Kementerian Agama Amanah...!